Sedang Populer! Ayo, Cari Tahu Lebih Lanjut Tentang Mainan Terkini ‘Latto Latto’

Dipublikasikan oleh afriani pada

Siapa nih yang belakangan sering banget dirayu oleh si kecil untuk membeli mainan latto latto? Yup! memang sedang viral beberapa waktu belakangan ini. Mainan ini juga akrab disebut sebagai mainan ‘tek tek’, yang memang menyerupai bunyinya ketika dimainkan.

Mainan latto latto sendiri, sejatinya bukanlah mainan dengan harga mahal yang sedang digandrungi anak-anak ya Bu. Satu buah mainan ini dihargai mulai dari Rp 5.000-Rp 12.000-an saja, kok.

Meski begitu, ketika anak-anak memainkan permainan ini, memang akan menimbulkan suara benturan dua bola plastik yang cukup mengganggu. Apalagi kalau anak-anak sudah pandai bermain dan menggerakkan bola dengan stabil.

Apa itu latto latto? 

Beberapa waktu lalu, mainan terkini latto latto ini makin menjadi sorotan. Terlebih setelah dimainkan oleh Presiden Joko Widodo dan Ridwan Kamil, saat berkunjung ke Subang, Jawa Barat.

Jadi, apa itu latto latto? Dikutip dari Groovy History sejatinya merupakan mainan yang terdiri dari dua bola pemberat yang sama. Kedua bola tersebut terikat dalam seutas tali dengan cincin yang terdapat di atasnya.

Nah, untuk cara bermain latto latto sendiri sangat mudah. Cukup diayunkan ke atas dan ke bawah, supaya bola bergerak berlawanan dan terbentur di tengah, sehingga mengeluarkan bunyi khas ‘tek tek’.

Sebenarnya mainan latto latto sendiri konon bukanlah mainan asal Indonesia. Karena, sudah muncul di Amerika sejak awal tahun 1960-an.

Sempat dilarang peredarannya

Sayangnya, pada tahun tersebut sempat dilarang peredarannya. Sebab, zaman dahulu terbuat dari bahan kaca, yang berisiko menjadi proyektil dan ketika pecah dapat melukai pemainnya.

Akan tetapi, latto latto kemudian muncul kembali di tahun 90-an. Di mana saat itu bahan pembuatan dari sudah diubah menjadi bahan plastik yang lebih aman dimainkan, seperti yang beredar saat ini di pasaran.

Mainan Terkini latto latto punya manfaat, lho!

Meski keberadaannya sempat dilarang di negara-negara maju layaknya Amerika, namun siapa sangka ternyata punya manfaat buat perkembangan motorik anak. Dikutip dari Very Well Family meski tidak dijelaskan secara spesifik, namun sifat permainan latto latto yang dimainkan dengan cara diayun ini akan melibatkan koordinasi mata dan tangan.

Di mana koordinasi mata dan tangan ini masuk ke dalam ketrampilan motorik kasar, yang melibatkan kelompok otot besar dan umumnya lebih luas dan bergerak energik daripada gerakan motorik halus. Nah, siapa sangka ternyata lewat gerakan-gerakan yang diperlukan saat bermain , anak akan terlatih gerak motoriknya.

Latihan gerak motorik ini merupakan bagian penting dari pertumbuhan anak. Supaya si kecil bisa lebih baik dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

bisa membantu anak jadi belajar lebih fokus dan bersabar dalam menghadapi tantangan. Selain itu, dampak positif yang bisa Ibu rasakan lainnya adalah bisa mengalihkan anak dari kecanduan gadget, sehingga ia jadi lebih aktif bergerak dan melakukan aktivitas fisik, meski dengan gerakan sederhana.

Meski punya manfaat, namun orang tua tetap disarankan untuk mengawasi anak-anaknya saat sedang bermain latto latto. Apalagi mainan latto latto bukanlah yang cocok dimainkan oleh anak sebelum usia 6 tahun.https://duniaanak.my.id/2023/11/19/pentingnya-mainan-dan-panduan-memilih-mainan-anak/


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
halo ada yang bisa dibantu?