Permainan Anak yang Menyenangkan, Ideal untuk Ibu yang Butuh Istirahat!

Dipublikasikan oleh afriani pada

Ibu mungkin pernah bertanya, apa iya orang tua harus selalu menemani anak main?

Penting untuk diketahui bahwa si kecil tidak perlu terus-menerus terlibat dalam berbagai permainan anak yang menyenangkan bersama orang dewasa sepanjang 24 jam. Apalagi jika Ibu dan Ayah juga membutuhkan waktu untuk melaksanakan tugas lain atau istirahat sejenak.

Permainan anak tidak hanya terbatas pada permainan berdua; sejumlah permainan anak yang seru juga dapat dimainkan sendiri atau dalam mode solo. Namun, sebelum kita mencoba beberapa contoh permainan anak yang menyenangkan ketika Ibu memerlukan istirahat sejenak, tentu ada berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum mengizinkan si kecil bermain dengan Hiburan Anak yang Menyenangkan

permainan anak yang menyenangkan ada Manfaat Sendiri Bagi Si Kecil

Melansir dari laman Parents, interaksi antara orang dewasa dengan bayi sangat penting untuk perkembangannya. Namun para ahli juga mengungkapkan bahwa bayi juga penting memiliki waktu bermainnya sendiri. berikut permainan anak yang Menyenangkan untuk Anak-Anak:

1. Memberi Bayi Kesempatan Belajar

Sebagai Ibu kita pasti tahu betul bahwa bayi harus terus berada dalam pengawasan kita bahkan saat ia sedang tertidur lelap. Tapi tahu nggak sih Bu, kalau bayi juga ada rasa ingin bermain permainan anak yang menyenankan sendiri dan dengan caranya sendiri. Membiarkan si kecil bermain sendirian dengan beragam permainan anak yang ada justru dapat memberinya kesempatan belajar yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

Dari satu kegiatan ini, ada banyak hal yang dapat ia pelajari seperti kecepatan merangkak yang mungkin selama ini tertahan, kapan ia harus berhenti, atau bisa jadi pengalaman rasa sakit ketika lututnya tidak sengaja menginjak mainannya sendiri. Berikan pengalaman itu selama bayi aman dan tidak terluka ya Bu.

2. Si Kecil Belajar Lebih Fokus karena permainan anak yang menyenangkan

Membiarkan anak melakukan permainan anak sendirian bisa mengasah fokus si kecil dan membuatnya lebih perhatian terhadap lingkungan sekitarnya. Kalau biasanya Ibu harus memberinya mainan dan mengarahkan bagaimana cara bermain dengannya, namun saat bermain sendirian, ia akan melakukan banyak eskperimen terhadap mainan yang ada di hadapannya. Cara ini sangat bagus untuk mengasah kecerdasan dan kreatifitasnya.

3. Membuat Si Kecil Belajar dari Kesalahan

Ketika bermain, ia tak hanya akan belajar bagaimana memainkan permainan anak sendiri, ia juga bisa belajar dari kesalahan yang ia buat. Misalnya bola seharusnya dilempar atau ditendang, namun ia justru mendudukinya lalu kemudian terjatuh di playmatnya. Buatlah lingkungan permainan yang aman untuknya seperti di playmat yang empuk.

4. Meningkatkan Harga Diri Anak

Pengalamannya bermain sendiri justru akan meningkatkan harga diri anak karena ini berarti Ibu menaruh kepercayaan pada si kecil untuk dapat bermain sendiri dengan permainan yang menyenankan. Pilihlah permainan anak yang mudah dan sesuai usianya, pastikan mainan yang ada tidak mudah tertelan juga ya Bu. Meningkatkan harga diri anak juga berfungsi untuk membuat si kecil lebih percaya diri dan menjadi pribadi yang baik.

5. Melatih Kemandirian Si Kecil

Tak selamanya Ibu bisa menemani si kecil bermain karena akan ada masanya ia harus sekolah dan berbaur dengan berbagai macam orang di sekolah barunya nanti. Coba lakukan mulai dari sekarang yuk.

6. Mulai Memiliki Identitas Sendiri

Sebelum 8 bulan, si kecil adalah bayi merah yang sangta bergantung pada Ibunya.

Ini bukanlah hal yang buruk, karena seiring berjalannya waktu, ketika ia harus berada di lingkungan lain tanpa Ayah atau Ibunya, ia akan mulai bisa beradaptasi dengan baik, berteman dengan teman sebayanya, dan lebih banyak mengenal orang lain.

7. Waktu Istirahat yang Sangat Berharga

Ini bagaikan waktu istirahat yang sangat berharga karena selama si kecil aman bermain sendirian, Ibu bisa mulai rebahan sebentar, dudu santai sambil minum kopi atau teh, dan melakukan kegiatan tertunda lainnya. Cukup membantu bukan?

Permainan anak yang seru juga ada Hal yang Harus Dipertimbangkan

Melansir dari laman Parents, anak-anak bleh bermain sendiri dengan beragam pertimbangan yang wajib diperhatikan oleh siapa saja yang mengasuhnya. Hal ini dilakukan supaya proses belajarnya kali ini tetap optimal dan seimbang karena bagaimanapun interkasi sosial adalah salah satu kunci terpenting di tahapan tumbuh kembangnya. Permainan Anak yang Seru harus dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

1. Rentang Waktu Anak dapat Bermain Sendiri

Mengutip dari laman Parents, pada usia 6 bulan, si kecil boleh bermain sendiri dengan waktu tak lebih dari 5 menit, karena bila lebih dari itu, kemungkinan ia akan rewel dan bosan. Pada usia 12 bulan atau 1 tahun, 15 menit adalah waktu yang cukup baginya melakukan permainan anak sendiri. 

2. Perhatikan Sifat dan Tempramen Anak

Apakah anak Ibu mudah tantrum? Biasanya anak yang mudah tantrum atau pemarah justru lebih mudah bermain sendiri dan melakukan banyak eksperimen di usia yang lebih muda.

3. Pastikan Lingkungan Bermainnya Aman

Sudahkah memperhatikan lingkungan aman tempat ia bermain? Selain menyediakan alas yang empuk seperti playmat, Ibu juga harus memperhatikan lingkungan luar bila si kecil lebih suka bermain di luar rumah. Pastikan ia tidak bermain dekat dengan kolam renang atau kolam ikan karena ada resiko si kecil terpeleset hingga tercebur. Lalu hindari si kecil bermain di jalan, meskipun jalan gang yang masih sempit dan terpantau. Karena kita tidak tahu kendaraan apa saja yang mungkin melintas.

4. Hindari Bermain Gawai Sendiri agar permainan anak menyenangkan

Ibu, bermain permainan anak sendiri tidak termasuk menonton video di gawai ya. Permainan anak yang dimaksud tidak melibatkan layar, dan sebaiknya arahkan ia untuk bermain dengan maianan yang Ibu sediakan. Bila harus memberi gawai untuk si kecil, pastikan tidak melebihi screen time yang dianjurkan IDAI ya Bu.https://duniaanak.my.id/2023/11/19/seru-murah-diy-untuk-anak/


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
halo ada yang bisa dibantu?