Kreatifitas dalam Bermain Ide-ide Seru untuk Anak

Dipublikasikan oleh afriani pada

Ada banyak Kreatifitas dalam Bermain pada permainan anak yang dapat ia mainkan sendiri saat Ibu harus mengerjakan hal lain. Tak melulu permainan anak yang mahal karena beberapa permainan anak murah meriah bisa membuat minat bermainnya justru semakin tinggi seperti jenis permainan anak berikut ini:

1. Menyelesaikan Puzzle Bermain dengan Kreativitas

Kreatifitas Dalam Bermain seperti Permainan anak yaitu puzzle punya banyak tingkatan, pertama-tama kenalkan permainan puzzle ini terlebih dahulu kepada si kecil, ajak ia bermain dari berbagai macam tingkatan puzzle, setelahnya Ibu dapat membiarkan si kecil untuk menyelesaikan puzzle-nya sendiri. Puzzle juga dapat berbentuk angka, huruf, hewan, buah, dan juga sayur. Menyusun seperti ini dapat membantu memperbanyak kosakatanya juga. Bermain puzzle selain seru juga dapat mendatangkan manfaat seperti:

  • Melatih kemampuan motorik si kecil;
  • Menstimulasi otaknya untuk berpikir;
  • Melatih kemampuan kognitifnya;
  • Melatih kesabaran dan konsentrasi atau fokus si kecil; dan
  • Membuat si kecil belajar tentang menyelesaikan masalah.

Ibu bisa memberikan jenis puzzle dengan berbagai macam warna menarik dan mudah untuk diseleseikan sehingga ia akan merasa puas bila ia berhasil menyelesaikan puzzlenya.https://duniaanak.my.id/wp-admin/post.php?post=269&action=edit

2. Bermain Bola

Siapa bilang bermain bola harus melibatkan orang banyak? Bermain bola bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan bisa dilakukan sendiri. Ibu bisa memberinya ruang untuk bermain bola basket atau membuat gawang tiruan supaya si kecil bisa mengarahkan bola tersebut di ring atau gawang yang Ibu buat.Kreatifitas Dalam Bermain ini juga tetap seru meski dilakukan sendirian saja.

3. Bermain Susun-Susun

Ada banyak permainan anak edukasi yang banyak terjual di mana saja seperti permainan anak menyusun donat, stacking cups, atau menyusun balok-balok kayu penuh warna. Permainan anak yang mengharuskan anak menyusun dengan berbagai macam model, susun vertika, horizontal, melingkar, kotak, dan masih banyak lagi. Biarkan si kecil berkarya dengan mainan susun ini ya Bu.

4. Bermain Playdough

Sebelum bermain dengan permainan anak satu ini, Ibu bisa memberi pengertian pada si kecil bahwa mainan ini tidak boleh dimakan. Bermain playdough   cukup asyik karena bentuknya yang bisa dengan mudah dibentuk dan dicetak. Untuk anak-anak di bawah satu tahun, Ibu bisa membuatkan playdough yang aman bila tidak sengaja termakan dengan bahan-bahan seperti tepung terigu, pewarna makanan, dan air. Campurkan ketiga bahan ini hingga membentuk adonan playdough dan siap dimainkan.

5. Waterbeads

Ingin membuat si kecil lebih fokus dan sibuk? Ibu bisa mencoba memberikan permainan anak sejenis waterbeads yang akan mengembang bila diberi air. Siapkan beberapa wadah dan sendok supaya si kecil bisa memindahkan waterbeads tersebut ke wadah-wadah yang tersedia. Waterbeads ini sudah bisa dibeli diberbagai toko mainan atau website e-commerce mana saja. Sebagai perhatian, karena waterbeads ini bentuknya kecil dan mudah tertelan, maka tidak disarankan dimainkan tanpa pengawasan untuk anak di bawah 3 tahun. Jadi sebaiknya berikan mainan ini kepada anak yang sudah mengerti bahwa mainan ini tidak untuk dimakan atau ditelan.

6. Dapur Mainan

Apa si kecil suka memasak? Biarkan ia bermain dengan berbagai macam alat dapur mainan yang menarik. Permainan anak yang satu ini merupakan salah satu permainan peran yang asyik meskipun dimainkan sendirian saja. Sebagai tambahan, Ibu juga bisa menyediakan sayur atau buah mainan yang bisa ia mainkan bersamaan saat ia bermain dengan dapur mainannya.

7. Menggambar atau Mewarnai

Permainan anak berikut ini dapat mengasah kreatifitasnya dan membuat imajinasinya berkembang dengan baik. Siapkan buku gambar atau buku mewarnai beserta krayonnya dan biarkan ia berkreasi sesuai keinginannya. Berkreasi dengan warna tak hanya akan melatih imajinasi dan Kreatifitas Dalam Bermain saja, karena ini juga dapat digunakan sebagai media relaksasi.

8. Bermain dengan Lego

Lego bisa menjadi salah satu permainan anak yang sangat digemari hingga dewasa. Beberapa anak sangat nyaman saat bermain lego karena ia suka berpikir kritis dan suka menyusun satu hal hingga menjadi suatu benda yang menarik. Buat sebuah kesepakatan dengannya, misalnya Ibu memintanya untuk menyusun lego tersebut menjadi sebuah menara atau bangunan yang menjulang tinggi, lalu Ibu akan kembali bermain bersamanya bila ia berhasil mewujudkannya.

9. Boneka atau Mobil-Mobilan

Taruhlah boneka atau mobil-mobilan berada dalam jangkauan si kecil dan  buatlah ia bermain dengan boneka atau mobil-mobilan yang ada. Permainan anak dengan menggunakan media boneka dapat menumbuhkan rasa kasih sayang pada si kecil karena ini dapat melibatkan emosi positifnya melalui pelukan atau ciuman yang ia lakukan pada boneka tersebut.

10. Bermain dengan Alat Musik

Anak-anak tidak mungkin menolak bermain dengan alat musik, terutama alat musik yang ia gemari. Beberapa anak pasti punya kegemaran dan kesukaan pada salah satu permainan anak berupa alat musik seperti gitar, drum, piano, atau alat musik apa saja yang dapat memunculkan suara. Ini akan melatihnya mengenal nada dan siapa tahu Ibu sedang membesarkan calon musisi berbakat nantinya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
halo ada yang bisa dibantu?