Mainan Edukatif Untuk balita Usia 3 Tahun

Dipublikasikan oleh afriani pada

Walaupun bayi dapat bermain dengan berbagai jenis mainan, Mainan Edukatif dirancang khusus untuk anak-anak usia 3 tahun yang umumnya sudah menunjukkan tingkat kritisitas dalam berpikir mereka.

Beragam rekomendasi mainan Edukatif untuk balita usia 3 tahun yang bisa dinikmati bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya:

1. Counting and Sorting Montessori Toy

Mainan edukasi Montessori yang melibatkan kegiatan seperti mengelompokkan mainan berdasarkan warna dan menghitung jumlahnya bisa menjadi salah satu pilihan mainan edukatif yang menyenangkan untuk balita usia 3 tahun.

Ajak si kecil untuk sama-sama menghitung berapa banyak mainan yang berhasil ia sortir sesuai warnanya. Selain itu, si kecil juga dapat menghafal warna lebih baik lagi melalui mainan Counting and Sorting Montessori Toy.

2. Knowledge Classification Box Montessori

Knowledge Classification Box Montessori ini merupakan mainan edukasi montessori berbentuk sebuah kotak besar yang dilengkapi dengan beragam gambar seperti bentuk, buah, dan juga angka. 

Mainan Edukatif Untuk balita usia 3 tahun ini mengharuskan si kecil untuk memasukkan kartu yang terbuat dari kayu dengan gambar yang harus ia cocokkan (klasifikasi gambar). Selain belajar mengingat, mainan edukasi anak ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif si kecil. 

Mainan edukasi kayu ini juga sangatlah aman karena terbuat dari bahan kayu yang halus dan tidak akan membuat cedera kulit si kecil. https://duniaanak.my.id/2023/11/19/27-rekomendasi-mainan-bayi-7-bulan-sampai-12-bulan/

3. Mainan Edukasi Kayu Anak (Wooden Block)

Mainan edukatif untuk balita usia 3 tahun berikutnya adalah sejenis Wooden Block atau mainan edukasi kayu dengan berbagai macam bentuk dan cara bermain yang berbeda-beda. 

Jenis mainannya juga banyak seperti balok susun angka, alfabet, huruf hijaiyah, ataupun bentuk-bentuk dasar seperti segitiga, kotak, dan lingkaran.

4. Puzzle Tangram Tetris Rainbow Colow

Pernahkah Ibu bermain game Tetris? Nah kali ini si kecil bisa memainkannya juga tanpa harus membuat Ibu khawatir tentang screen time karena game ini hadir dalam bentuk puzzle kayu warna-warni yang menarik. 

Mainan edukasi anak usia 3 tahun seperti puzzle tangram tetris ini sangat persis dengan game seperti di handphone, bedanya ini terbuat dari kayu dan dapat dipegang secara nyata. Selain mengasah kreativitasnya, bermain puzzle ini juga dapat mengasah kecerdasan si kecil lho Bu.

5. Mainan Seri Bongkar Pasang

Bermain lego dapat menjadi mainan edukasi anak usia 3 tahun yang tak akan pernah membosankan. Si kecil dapat sesuka hati membuat berbagai macam bentuk dari lego warna-warni yang tersedia.

Ia dapat membuat bangunan besar, bentuk hewan besar, atau bahkan menyusunnya begitu saja sesuai dengan warnanya. Permainan yang tak lekang oleh zaman ini merupakan salah satu permainan yang akan membuat kreatifitas si kecil semakin terasah dan semakin lebih baik lagi. 

6. Mainan Edukasi Meronce

Mainan edukatif untuk anak usia 3 tahun ke atas ini membutuhkan pengawasan dan bimbingan orang tua, terutama karena bahan yang digunakan untuk meronce cenderung kecil dan bisa dengan mudah masuk ke mulut si kecil. Walaupun demikian, mainan edukatif ini tidak hanya meningkatkan kreativitas anak, tapi juga mengajarkan konsep berdagang, karena karya seperti kalung atau gelang dapat dijual sebagai bentuk penghasilan.

7. Intelligence Stick Puzzle

Mengenalkan berhitung atau matematika sejak dini pada si kecil bisa dengan cara yang menyenangkan Bu, salah satunya bermain Intelligence Stick Puzzle.

Selain itu tersedia juga deretan angka berikut atribut matematika seperti simbol pengurangan, penambahan, hingga perkalian.

8. Menyusun Stacking Cups

Beberapa anak sangat suka bermain susun menyusun, salah satu mainan edukasi anak usia 3 tahun yang berkaitan dengan kegiatan ini adalah bermain dengan Stacking Cups Warna. Permainan ini di desain dengan ukuran yang berbeda sehingga si kecil dapat menyusunnya sesuai dengan besaran cups yang ada, bisa dari ukuran cups kecil ke besar atau sebaliknya. Bantu si kecil menyebutkan warna-warna atau angka apa yang tertulis di cups tersebut yuk Bu untuk menambah kosa kata si kecil.

9. Paket Busy Jar Montessori

Mainan edukasi seperti busy jar montessori ini dapat melatih motorik halus si kecil, melatih konsentrasinya, melatih sensorik, hingga membuatnya mengenal banyak warna dan bentuk.

10. Mainan Puzzle Potong

Puzzle potong adalah mainan edukasi anak usia 3 tahun yang melibatkan permainan peran yang cukup seru. Puzzle potong ini hadir dalam berbagai bentuk dan dapat dipotong menjadi dua bagian, memberikan pengalaman seolah-olah si kecil sedang memotong puzzle tersebut.

11. Magic Straw

Magic straw dapat menjadi mainan edukasi anak usia 3 tahun ke atas yang akan membuat insinyur kecil Ibu berkreasi dengan berbagai macam bentuk seperti bangunan maupun alat transportasi. 

12. Matching Puzzle Game

 Matching Puzzle Game sendiri tersedia dengan beragam jenis seperti seri hewan, buah, sayuran, transportasi, atau lainnya. 

Sembari si kecil mencari gambar yang sama, Ibu dapat membantu menyebutkan nama buah tersebut untuk memudahkan si kecil mencocokkan gambarnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
halo ada yang bisa dibantu?