8 Mainan DIY Seru untuk Meningkatkan Kreativitas Anak!

Dipublikasikan oleh afriani pada

Mainan DIY untuk anak juga sangat bermanfaat dilakukan saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini karena selain akan mengusir kebosanan si kecil selama di rumah saja, ini ada 8 mainan DIY seru membantu hubungan seluruh anggota keluarga menjadi lebih erat serta dekat. 

Mainan DIY menjadi salah satu pilihan permainan anak yang seru karena di sini mereka juga akan banyak belajar mengolah sensorik dan motoriknya. 

https://duniaanak.my.id/2023/11/19/permainan-tradisional-sd/

Manfaat Bermain untuk Anak-Anak

Waktu bermain adalah waktu yang sangat tepat untuk mengasah dan mengolah perkembangan anak-anak. Bermain tak hanya soal membuat psikis si kecil senang dan bahagia saja, faktanya bermain dapat menjadikan si kecil tumbuh menjadi pribadi yang lebih positif juga. Melansir dari laman The Genius of Play, berikut ini adalah manfaat bermain untuk anak-anak dari berbagai macam aspek:

1. Mengembangkan Keterampilan Fisik

Bermain dengan aktif dan riang gembira ternyata cukup penting dilakukan si kecil karena akan membantu perkembangan fisiknya menjadi lebih baik. Bergerak aktif saat bermain akan membantunya mengasah koordinasi, keseimbangan, keterampilan motorik kasar, serta ketrampilan motorik yang dimiliki si kecil. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa anak-anak yang aktif bergerak secara fisik cenderung memiliki berat badan yang normal (tidak berlebihan atau kekurangan) dan lebih sehat. 

Untuk anak-anak, aktif bergerak (tidak berlebihan) akan membantunya tidur lebih nyenyak, makan lebih kenyang, dan merasa bahagia sehingga terhindar dari tantrum. Mainan DIY yang berkaitan dengan olahraga cukup banyak, misalnya: mengisi botol plastik kosong dengan air yang berjarak 1 meter atau lebih dari letak botolnya.

2. Membantu Si Kecil Mengelola Emosinya

Kabar bagus bila si kecil suka bermain Bu! Bermain bagi si kecil akan membuat imajinasinya berkembang lebih baik dan bersamaan dengan ini, ia juga akan lebih mudah mengelola emosinya, seperti: bagaimana saat ia sedang marah dengan temannya, sedang sedih karena kalah saat bermain, frustasi karena belum mampu menyelesaikan puzzle, ataupun merasa marah karena tidak suka dengan cara bermain temannya. 

3. Mengasah Kemampuan Sosial dan Komunikasinya

Bermain dapat mengasah kemampuan bersosialiasasinya karena saat bermain ia akan terlibat dengan orang lain. Ia akan belajar bagaimana cara berkolaborasi, berkompromi, berempati terhadap rekannya, menyelesaikan konflik, bahkan mematuhi aturan. Di sini juga ia akan belajar tentang kesabaran saat harus menunggu giliran bermain serta berbagi mainan dengan yang lain. 

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Bermain dengan media apapun termasuk mainan diy akan membuat keterampilan kognitif si kecil semakin meningkat. Ketrampilan kognitif ini erat kaitannya dengan bagaimana ia memperhatikan sesuatu, menalar, memproses ingatannya, dan tentang ketrampilan motorik. 

Pilihlah mainan DIY yang membantu si kecil untuk berpikir tentang solusi bagaimana menyelesaikan permainan ini, membuatnya lebih fokus, serta berpikir lebih kritis. Mainan DIY untuk aspek ini cukup banyak, seperti bermain menyesuaikan bentuk dan warna dengan media kertas, pensil warna atau krayon, dan lem.

5. Meningkatkan Kreativitasnya

Melakukan permainan apapun termasuk mainan DIY akan membuat imajinasi si kecil berkembang sangat pesat. Ia tak hanya sekedar bermain, namun dalam pikirannya mulai memikirkan banyak hal.

Bisa jadi ia tak melakukan cara seperti biasanya dan melakukan banyak improvisasi. Tugas kita sebagai orang tua adalah jangan mencela atau mencegahnya namun dukunglah bila memang itu baik.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
halo ada yang bisa dibantu?